Kue Kering merupakan salah satu jenis kue yang dibuat dengan cara dipanggang sampai kering. Proses pemangganan ini lah yang membuat kue kering memiliki rasa yang renyah dan gurih. Tekturnya kering tak seperti aneka jajanan pasar yang tergolong kue basah sehingga kue kering dapat bertahan lebih lama.
Aneka kue kering biasanya sangat banyak dicari saat menjelang lebaran, natal, dan tahun baru. Aneka kue kering memang sangat pas dijadikan kue lebaran untuk menjamu tamu yang datang untuk bersilahturahmi. Selain itu kue kering juga enak dijadikan teman minum teh saat santai bersama keluarga.

Berikut adalah resep kue kering, ada beberapa kue kering yng khas Indonesia. Cocok untuk Berbisnis kue ataupun untuk di santap sendiri.

 

Sagu Keju

Kue Kering

Bahan – bahan :
Mentega 100 gram
Gula halus 100 gram
Kuning telur 1 butir
Putih telur 1 butir
Susu encer 25 ml
Keju parut 50 gram
Tepung sagu (sangrai 15 menit) 300 gram

Cara membuat :
~ Kocok mentega bersama gula halus selama 5 menit. Tambahkan telur. Kocok kembali selama 5 menit.
~ Tuang susu encer. Aduk rata.
~ Masukkan keju parut dan tepung sagu. Sebaiknya sagu sudah disangrai sehari sebelumnya supaya sudah dalam keadaan dingin.
~ Setelah rata, masukkan dalam kantong penyemprot. Semprot di atas cetakan yang sudah diolesi mentega.
~ Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

 

Kue Kering Tanpa Terigu

Bahan:
Tepung sagu tani/kanji/tepung tapioka 600 g
Margarin 350 g
Gula halus 300 g
Kuning telur 3 butir
Santan kental 60 ml
Keju edam, parut 60g
Garam halus ½ sdt

Cara Membuat:
~ sangrai tepung sagu/kanji dengan api kecil selama 15 menit.
~ Di tempat terpisah, kocok margarin, gula halus dan garam hingga lembut. Tambahkan kuning telur, aduk rata.
~ Masukkan tepung sagu dan keju parut ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
~ Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan ke atas loyang beroles margarin. Taburi atasnya dengan keju edam parut. Lakukan hingga adonan habis.
~ Panggang kue di dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue kering, matang dan berwarna kuning kekcokelatan. Angkat, dinginkan. Kemas kue dalam stoples kedap udara.

Catatan : Gunakan sepuit bintang lubang besar agar adonan mudah keluar. Adonan juga bisa dicetak dengan cetakan tembak. Tambahkan sedikit santan jika adonan terlalu keras dan kurangi penggunaan santan jika adonan terlalu lembek saat di cetak.